Selasa, 29 November 2011

Pengertian ISP (Internet Service Provider)


          ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.
Pada saat ini, ISP juga berperan untuk memberikan layanan untuk hosting maupun co-location.
Contoh: Telkom Speedy, Firstmedia, Biznet, CBN, dsb.
Jenis-jenis Pelayanan Koneksi Internet,  yang disediakan ISP yaitu :
  1. Dial Up
    Merupakan layanan yang disediakan untuk pengguna yang ingin mengakses  melalui kabel telepon, yang didukung oleh modem.
  2. Mobile Access
    Merupakan layanan untuk akses Internet yang bisa pengguna dapatkan secara mudah dan praktis melalui telepon selular. Layanan ini bermanfaat bagi yang memiliki perangkat telepon yang mendukung teknologi ini, baik telepon selular yang berbasis GSM maupun berbasis CDMA.
  3. Hotspot
    Merupakan layanan bagi pengguna yang membutuhkan koneksi Internet pada lokasi-lokasi tertentu seperti di mall, café atau bandara bahkan sekolah pun juga bisa. Pelayanan Hotspot sangat bermanfaat untuk yang bekerja di kota-kota besar.
  4. Wireless
    Wireless merupakan layanan internet yang menggunakan teknologi tanpa kabel. Layanan ini mempunyai keuntungan terkoneksinya computer pengguna dengan jaringan global internet 24 jam dalam 7 hari seminggu. Selain itu, biaya yang ditagihkan hanya biaya koneksi internet saja, tidak dengan biaya telepon.



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates